Teknologi Penyiraman

COKRODININGRATAN- Kelurahan Cokrodiningratan menggandeng Teknik Informatika Universitas Janabadra menciptakan sistem penyiraman tanaman berbasis IOT/ Internet Of Things yang bisa di operasikan melalui smartphone.

Menurut penjelasan Eri Haryanto, Ketua Tim Robin sekaligus Dosen Universitas Janabadra sistem tersebut bisa bekerja dengan dua mode utama, yaitu mode terjadwal berdasarkan jam penyiraman dan mode otomatis berdasarkan pembacaan sensor kelembaban tanah.

Robin begitu istilah yang di populerkan artinya "robot irigasi nyuburke" ini untuk mendukung penyiraman tanaman yang berada di taman wisata Code kampung Jetisharjo.

Minggu, (19/02/2020) launching Robin di taman wisata Code kampung Jetisharjo dilakukan oleh Wakil Walikota Yogyakarta Drs. Heroe Poerwadi, MA. Dalam sambutannya beliau mengatakan sistem penyiraman ini bagian dari smart city, yakni memanfaatkan teknologi untuk semua hal, kalau ini berhasil tidak menutup kemungkinan semua taman di Kota Yogyakarta akan disiram secara otomatis.

Sementara itu Lurah Cokrodiningratan Narotama mengatakan, dengan proses yang serba otomatis sistem penyiraman ini tidak lagi dilakukan secara manual sehingga mengurangi potensi penyebaran virus corona dalam masa pandemi Covid-19 ini.