Gelar Potensi Selapanan RKB Cokrodiningratan

Kel.Cokro, Cokrodiningratan - Jumat, 14-10-2022 Rintisan Kelurahan Budaya Kelurahan Cokrodiningratan mengadakan Kegiatan dengan tema Gelar Potensi Upacara Adat Selapanan bertempat di Dalem Pendopo Cokrodiningrat. 

Kegiatan ini dihadiri dari Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta, Polsek Jetis, Koramil Jetis, Ibu Rini Rahmawati MPP Kemantren Jetis, Bpk. Darsana S.H. Lurah Cokrodiningratan. 

Tradisi Selapanan merupakan pengingat bahwa sang anak sudah bertambah umur, yang berarti bahwa si anak mengalami suatu perubahan, baik perubahan fisik maupun perubahan batin atau mental. Anak yang mendekati hari kelahirannya, mengalami perubahan fisik berupa peningkatan suhu badan, gelisah, dan sering menangis.

Acara selamatan ini dilakukan saat sang bayi berusia 35 hari atau selapan. Perhitungan ini dihitung berdasarkan kalendar Jawa, sehingga masyarakat Jawa menghitung hari dalam hitungan minggu sebanyak tujuh hari (Senin – Minggu) dan hitungan pasaran dimana satu pasaran berjumlah lima hari (Pahing, Pon, Wage, Kliwon, dan Legi). Perhitungan selapan berasal dari perkalian antara tujuh dan lima yang menghasilkan 35 hari. Pada hari ke 35 ini didapatkan pertemuan angka kelipatan antara tujuh dan lima. Pada hari ini juga, hari weton si bayi akan berulang. -hwk07.ckd