Pelatihan Demplot Maggot Kelurahan Cokrodiningratan

Jum'at, 17 Maret 2023 pelatihan demplot maggot telah dilaksanakan dengan baik dan lancar.
Pelatihan ini di hadiri oleh perwakilan Bank Sampah yang ada di Kelurahan Cokrodiningratan, Ketua LPMK dan Ketua Kampung (Kampung Cokrodiningratan, Kampung Cokrokusuman dan Kampung Jetisharjo).

Maggot merupakan salah satu larva yang berasal dari telur serangga bernama Black Soldier Fly (BSF) dimana manggot tersebut pakannya berasal dari bahan organik seperti sayuran dan limbah rumah tangga.
Hal tersebut dapat menyelesaikan problem yang selama ini ada di desa dan di perkotaan. 
Keuntungan budidaya maggot bisa dimanfaatkan sebagai pakan ikan dan ternak unggas sedangkan kascot (kotoran maggot) bisa dimanfaatkan untuk pupuk pertanian.

Sarana prasarana dalam budidaya maggot berupa : (1) kandang lalat didalamnya ada tempat lalat BSF bertelur, tempat minum lalat, black box pupa untuk penetasan lalat, tempat gantung krasak, (2) baskom penetasan telur BSF dan (3) rak pembesaran maggot. 

Semoga dengan adanya pelatihan demplot maggot yang telah dilaksanakan di Kelurahan Cokrodiningratan bisa menjadi inspirasi masyarakat untuk melakukan budidaya maggot karena manfaatnya sangat baik sekali.