Sosialisasi Trantibum

Selasa, 16 Mei 2023 Satuan Polisi Pamong Praja Kota Yogyakarta menyelenggarakan Kegiatan Sosialisasi Trantibum, sosialisasi di adakan di The Grand Cabin Hotel Jl. Magelang, Kricak, Tegalrejo, Kota Yogyakarta, di isi oleh tiga narasumber, yang pertama yaitu Bapak Eko Suwanto selaku Ketua Komisi A DPRD DIY, yang kedua yaitu Bapak Yohanes Sutarno Kapten Infanteri dan yang ketiga adalah Bapak Agung Supriyono, S.H., MAP. 


Dalam acara ini di hadiri oleh Lurah Cokrodiningratan, Bapak Andityo Bagus Baskoro, S.T., M. Eng. dalam sambutannya Bapak Lurah menyampaikan menjaga ketertiban sangatlah penting untuk menjaga keamanan bagi semua masyarakat, diadakannya sosialisasi ini di harapkan agar bisa memberikan wawasan terkait Trantibum. 

Tampak hadir Babinsa, Bhabinkamtibmas, Perwakilan FKDM, Perwakilan FKPM, Perwakilan Jaga Warga, Perwakilan Satlinmas, Perwakilan Pemuda, Perwakilan PKK dan Perwakilan Kampung Panca Tertib Kelurahan Cokrodiningratan.
Strategi Wujudkan Ketentraman, Ketertiban Umum dan Perlindungan Masyarakat bertujuan untuk melindungi masyarakat dan mendukung penegakan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan ketertiban umum serta menumbuhkan budaya tertib masyarakat dan penyelenggara pemerintahan (Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIY). 

Strategi Pencegahan dan Penegakan Hukum adalah untuk menjaga keutuhan kehidupan bermasyarakat dan mempertahankan persatuan. 
Situasi Nasional yang terjadi di Indonesia masih banyak terjadinya sex bebas, lunturnya etika dan budaya, narkoba dan konflik sara. Untuk itu perlu langkah secara aktif dan berkelanjutan dan bukan hanya menjadi tugas BNN dan Kepolisian namun perlu peran aktif orang tua, tokoh agama, tokoh masyarakat, organisasi masyarakat dan komponen masyarakat lainnya.