Komunitas Tugu Peduli Sungai Code

Pada hari Minggu, 18 Juni 2023 bertempat di Pinggir Kali Code di Belakang Hotel Tentrem diadakan Ceremonial Acara Komunitas Tugu Peduli Sungai Code. Acara ini dihadiri oleh Mantri Pamong Praja Jetis, Lurah Cokrodiningratan, Lurah Gowongan, Lurah Kotabaru, Perwakilan dari Kemantren Gondokusuman dengan Organisasi Perangkat Daerah yang terlibat adalah dari BPBD Kota Yogyakarta dan Dinas LH Kota Yogyakarta.

Selain itu tamu undangan yang hadir adalah Perwakilan dari Gereja Katolik Santo Albertus Jetis, Ketua Forum Pembauran Kebangsaan Cokrodiningratan serta Asosiasi Komunitas Sungai Yogyakarta (AKSY), Ketua LPMK dan Ketua BKM Cokrodiningratan. Acara Komunitas Tugu Peduli Sungai Code ini didukung oleh 6 Kampung Tangguh Bencana di 4 Kelurahan dan 2 Kemantren, KTB yang terlibat diantaranya adalah KTB Cokrodiningratan, KTB Jetisharjo, KTB Cokrokusuman, KTB Jogoyudan, KTB Kotabaru dan KTB Terban.

Dalam sambutannya Lurah Cokrodiningratan Andityo Bagus Baskoro, ST., M.Eng, menyampaikan bahwa Sungai merupakan aset berharga bagi komunitas kita. Selain menjadi sumber air bersih, sungai juga memiliki peranan penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem serta memberikan keindahan alam yang tidak ternilai. Namun, saat ini kita sering melihat sungai-sungai kita tercemar oleh limbah, sampah, dan berbagai polusi lainnya. Hal ini membahayakan kehidupan makhluk hidup di dalamnya serta mengancam kesehatan dan kesejahteraan kita.


Oleh karena itu, acara Komunitas Tugu Peduli Sungai ini menjadi momentum yang tepat bagi kita untuk bergerak bersama. Bersama-sama, kita dapat melakukan berbagai upaya konkret dalam menjaga kebersihan dan kelestarian sungai. Saya mengajak kita semua untuk saling mendukung, bekerja sama, dan memberikan kontribusi terbaik kita dalam menghadapi tantangan untuk menjaga kebersihan dan kelestarian sungai.


Upaya menjaga sungai bisa kita wujudkan dari hal-hal sederhana, seperti tidak membuang sampah sembarangan, menggunakan air secara bijak, dan menyuarakan kesadaran lingkungan kepada orang lain. Acara pada pagi hari ini juga merupakan wujud dari kepedulian Komunitas Tugu terhadap sungai, yang didukung oleh 6 KTB dan 4 Kelurahan. Mari kita jadikan acara Komunitas Tugu Peduli Sungai Code sebagai titik awal untuk menciptakan perubahan positif bagi sungai kita dan meningkatkan kualitas hidup kita bersama. Mari kita wujudkan sungai yang bersih, sehat, dan lestari. Untuk Jogja Istimewa.