Pelatihan Pembuatan Bakpia bagi Kelompok Keluarga Berkualitas (KKB) Cokrodiningratan

Pada hari Kamis, 27 Juli 2023 di Pendopo Kelurahan Cokrodiningratan diadakan Pelatihan Pembuatan Bakpia bagi Kelompok Keluarga Berkualitas (KKB) Cokrodiningratan yang diselenggarakan oleh BKKBN DI Yogyakarta melalui Pendamping Lapangan Keluarga Berencana Kemantren Jetis. Acara ini dihadiri oleh Lurah Cokrodiningratan, Ketua LPMK Cokrodiningratan beserta Anggota KKB Cokrodiningratan.
Dalam sambutannya Lurah Cokrodiningratan menyampaikan bahwa Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Kegiatan Kelompok Keluarga Berkualitas Cokrodiningratan. Lurah Cokrodiningratan, Andityo Bagus Baskoro, ST., M.Eng, setelah peserta menerima pelatihan agar bisa diterapkan dan dipraktekkan dalam rangka membantu meningkatkan perekonomian keluarga. Selain itu Lurah Cokrodiningratan mengingatkan bahwa setelah kegiatan berakhir, agar sampah sisa kegiatan ini tetap harus dikelola dengan baik.
Lurah juga menekankan pentingnya pengelolaan sampah rumah tangga dari rumah tergantung dari Ibu-ibu yang melaksanakan pemilahan sampah. Sampah dipilah menjadi 3 bagian, yaitu Sampah Organik, Sampah Anorganik dan Residu.
Sampah Organik diolah menggunakan Losida, Biopori dan Ember Tumpuk. Sampah Anorganik dikumpulkan untuk disetor ke Bank Sampah atau diberikan/disodaqohkan. Sementara sampah residu dikumpulkan dan dipadatkan menggunakan ecobrick. Jadi jika semua rumah tangga melakukannya, otomatis  sudah tidak ada lagi permasalahan terkait sampah rumah tangga.