Panen Bersama Mantri Pamong Praja dan Lurah di KT Sami Mulyo RW 03 Cokrodiningratan

Pada hari Sabtu, 29 Julli 2023 di Kebun Kelompok Tani Sami Mulyo RW 03 Cokrodiningratan Kemantren Jetis, dilaksanakan Acara Panen Bersama MPP Jetis dan Lurah Cokrodiningratan di Kelompok Tani Sami Mulyo RW03 Cokrodiningratan. Acara ini dihadiri oleh Dinas Pertanian Pangan Kota Yogyakarta yang diwakili oleh PPL Jetis, Mantri Pamong Praja Jetis yang diwakili oleh Mantri Anom Jetis, Lurah Cokrodiningratan, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Cokrodiningratan, Ketua LPMK Cokrodiningratan, Ketua Gapoktan Cokrodiningratan, Ketua Kelompok Tani (KT) Sami Mulyo RW 03, Ketua RW 03 serta Ketua RT se RW 03 Cokrodiningratan.

Dalam sambutannya, Lurah Cokrodiningratan, Andityo Bagus Baskoro, ST., M.Eng. menyampaikan agar acara pada pagi hari ini tidak hanya menjadi sekedar seremonial semata, maka panen bersama ini harus dijadikan sebagai momentum dalam mengembangkan KT Sami Mulyo RW03 kedepannya sebagai rintisan Kampung Pangan Lestari di Kelurahan Cokrodiningratan.
Keberadaan Kampung Pangan Lestari di Cokrodiningratan akan bisa menjawab Isu Stunting yang ada di Kota Yogyakarta.. Bahkan jika KT Sami Mulyo mau bekerjasama dengan Pokdarwis Cokrodiningratan, maka KT Sami Mulyo RW 03 akan menjadi salah satu paket dari destinasi unggulan di Kampung Wisata Cokrodiningratan (Agar acara pada pagi hari ini tidak hanya menjadi sekedar seremonial semata, maka panen bersama ini harus kita jadikan sebagai momentum dalam mengembangkan KT Sami Mulyo RW03 kedepannya sebagai rintisan Kampung Pangan Lestari di Kelurahan Cokrodiningratan.
Keberadaan Kampung Pangan Lestari di Cokrodiningratan akan bisa menanggapi Isu Stunting. Bahkan jika bisa bekerjasama dengan Pokdarwis Cokrodiningratan, kita bisa menjadikan KT Sami Mulyo RW 03 sebagai salah satu paket destinasi unggulan di Kampung Wisata Cokrodiningratan (Kasaningrat).


Selain itu terkait dengan isu sampah akhir-akhir ini akibat ditutupnya TPA Piyungan, seharusnya hal ini bisa ditangkap oleh KT Sami Mulyo sebagai peluang dalam mengembangkan pengelolaan sampah organik Rumah Tangga, tentunya dengan bekerja sama dengan Bank Sampah RW 03 Dadi Mulyo. Sehingga kebutuhan akan media tanam (komposter) serta Pupuk Organik Cair dari KT Sami Mulyo akan bisa terpenuhi secara mandiri melalui pengelolaan sampah organik rumah tangga warga sekitar kebun. Lurah Cokrodiningratan berharap jika sistem pertanian dan pengolahan sampah organik yang ada di KT Sami Mulyo dapat terintegrasi dan berjalan baik, maka KT Sami Mulyo bisa menjadi sebuah Sekolah Tani Kota (Urban Farming School) pertama di Kota Yogyakarta, dan tentunya sebagai percontohan serta akan bisa menarik kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara. Sekolah Tani Kota yang hanya berjarak 300 meter dari Tugu Jogja.