Malam Tirakatan HUT RI Ke 78 Kelurahan Cokrodiningratan

Setiap tahunnya, Indonesia mengadakan peringatan kemerdekaan di bulan Agustus. Pada tanggal 17 Agustus, negara dan instansi pemerintahan baik negeri maupun swasta secara serentak melaksanakan upacara bendera untuk memperingati detik-detik proklamasi kemerdekaan RI. Malam sebelumnya yaitu tanggal 16 Agustus, ada tradisi di tengah-tengah masyarakat yang masih dilaksanakan hingga kini. Masyarakat menyebut itu sebagai “Malam Tirakatan”.
Salah satu tradisi masyarakat khususnya di Kelurahan Cokrodiningratan.

Di malam tirakatan Bapak Lurah Cokrodiningratan Bapak Andityo Bagus Baskoro S.T., M.Eng, Kasi Tantrib Bapak Haryana, staf Kelurahan Herman Kurniawan S.pd Kor, serta babinsa dan bhabinkamtibmas memonitoring wilayah di Kelurahan Cokrodiningratan, banyak RW dan RT pada malam 17 Agustus mengadakan syukuran atau tirakatan Kemerdekaan.

Syukuran dan malam tirakatan HUT RI ke 78, bertujuan untuk mendoakan bersama para pahlawan yang telah gugur membela Tanah Air Indonesia, serta untuk berdoa memohon keselamatan dan keberkahan untuk masing-masing wilayah.
Malam tirakatan yang berlangsung di Kelurahan Cokrodiningratan Kemantren Jetis Kota Yogyakarta berjalan dengan meriah dan lancar, masing-masing wilayah menyuguhkan potensi-potensi yang ada di wilayahnya masing-masing.

Setelah memberikan sambutan lalu dilanjutkan dengan ramah tamah bersama warga. Bapak Lurah berharap adat istiadat malam tirakatan selalu di adakan dan di gelar mengingat antusiasme warga.

Terus Melaju Untuk Indonesia Maju, MERDEKA!!!