Gerakan Pilah Sampah dari Rumah RW 10 Cokrodiningratan, Kolaborasi Bank Sampah Bumi Lestari RW 10 dan LAZIS Sahabat Yatim

Pada hari Rabu, 20 September 2023 di wilayah RW 10 Gondolayu Lor, Kampung Cokrokusuman Kelurahan Cokrodiningratan Kemantren Jetis Kota Yogyakarta, dicanangkan Gerakan Pemilahan Sampah dari Rumah hasil kolaborasi antara Bank Sampah Bumi Lestari RW 10 Cokrodiningratan dan LAZNAS Sahabat Yatim.
Lembaga Amil Zakat Nasional Sahabat Yatim sendiri merupakan lembaga sosial yang resmi ditetapkan menjadi Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) pada 30 Desember 2020.
Lembaga ini bergerak dalam bidang pengasuhan dan pemberdayaan anak – anak yatim dan dhuafa. Berdiri sejak 1 september 2009, Sahabat Yatim mengawal mereka menuju masa depan yang lebih gemilang ditengah kesulitan dan ketidakberdayaan karena kehilangan orang tua dan himpitan kemiskinan.


Ketua Bank Sampah Bumi Lestari RW 10 Cokrodiningratan, Ibu Koespilah mengatakan bahwa kerjasama antara Bank Sampah Bumi Lestari dan LAZNAS Sahabat Yatim ini diharapkan bisa meningkatkan pelayanan dan memperluas jejaring nasabah Bank Sampah Bumi Lestari.
Ketua RW 10 Cokrodiningratan, Bapak Sumiyo menyampaikan bahwa keberadaan LAZNAS Sahabat Yatim yang bisa berkolaborasi dengan Bank Sampah yang ada di wilayahnya untuk penanganan sampah memiliki peran yang sangat penting. Dimana keterlibatan badan usaha dalam penanganan sampah akan semakin meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya memilah sampah dari sumbernya.


Lurah Cokrodiningratan, Andityo Bagus Baskoro, S.T., M.Eng. sangat mendukung kolaborasi antara LAZNAS Sahabat Yatim dengan Bank Sampah Bumi Lestari RW 10 Cokrodiningratan dalam hal penanganan sampah. Dimana tagline Jogja Darurat Sampah tidak akan ada artinya jika semua pihak dan stakeholder turut ambil bagian terlibat dalam penanganan sampah.
Oleh karena masalah sampah tidak hanya menjadi tugas dan tanggung jawab Pemerintah Kota Yogyakarta saja namun masyarakat melalui Bank Sampah dan Dunia Usaha maupun Lembaga Sosial bisa turut andil mengambil tanggung jawab tersebut.
Selain Kolaborasi Bank Sampah Bumi Lestari dengan LAZNAS Sahabat Yatim, Bank Sampah Bumi Lestari juga berkolaborasi dengan mahasiswa UNY dalam penerapan teknologi digital untuk meningkatkan performa manajemen pengelolaan Bank Sampah.