Rapat Koordinasi KESI Kelurahan Cokrodiningratan

Cokrodiningratan Senin 09/10/2023, Rapat Koordinasi telah di laksanakan pada siang hari ini, turut di hadiri Ibu Kepala Puskesmas dan Ibu Ratna selaku narasumber dan Surveilans Kesehatan Kelurahan Cokrodiningratan. 
Di pimpin oleh Bapak Haryana selaku Plt Sekretaris Lurah dan Ibu Martha Fahmirrianti Asriningtyas, A.Md. selaku Kasi Pemberdayaan Masyarakat dan di hadiri oleh Bapak Sugiyana selaku Ketua KESI Kelurahan Cokrodiningratan rakor berjalan dengan baik dan lancar.

Ibu Kepala Puskesmas memaparkan betapa pentingnya peran KESI di wilayah.
KESI adalah lembaga sosial kemasyarakatan yang independen sebagai wadah integrasi pembangunan kesehatan masyarakat di tingkat kelurahan yang memiliki kesiapan sumber daya dan kemampuan serta kemauan untuk mencegah dan mengatasi masalah-masalah kesehatan, kegawatdaruratan dan bencana secara mandiri.

Adapun tujuan Kelurahan Siaga adalah :
1. Meningkatkan upaya promotif dan preventif kesehatan pada masyarakat
2. Meningkatkan dan mendekatkan akses layanan informasi kesehatan terutama pada upaya kesehatan ibu, bayi baru lahir dan anak serta pertolongan kegawatdaruratan kesehatan dan bencana
3. Mengembangkan UKBM yang dapat melaksanakan kegiatan survailans berbasis masyarakat minimal meliputi pemantauan penyakit, kesehatan ibu dan anak, pertumbuhan balita, kesehatan lingkungan dan PHBS
4. Meningkatkan kualitas kesehatan lingkungan berbasis masyarakat
5. Meningkatkan kemampuan masyarakat dan kemauan masyarakat untuk menolong diri sendiri dalam bidang kesehatan

Garis besar tujuan Kelurahan Siaga adalah masyarakat TANGGAP, PEDULI dan SEHAT.
Fungsi KESI adalah sebagai mitra Kelurahan dalam pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan.