Pengukuhan Pengurus dan Anggota TP PKK Kelurahan Cokrodiningratan Periode 2023 - 2028

Cokrodiningratan - Pada hari Minggu, 15 Oktober 2023 di Aula Kelurahan Cokrodiningratan diselenggarakan acara Pengukuhan Kepengurusan TP PKK Kelurahan Cokrodiningratan Periode 2023 - 2028.
Dalam kegiatan tersebut hadir Ibu Wahyuni yang mewakili Ketua TP PKK Kemantren Jetis, Ibu Syarief yang berhalangan hadir. Acaranya dibuka dengan Menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Pembacaan Teks Pancasila dan dilanjutkan Menyanyikan Mars PKK ini menghadirkan Kepengurusan TP PKK Kelurahan Cokrodiningratan yang melibatkan kepengurusan dari 11 RW dan 57 RT se Kelurahan Cokrodiningratan.
Setelah pembacaan Surat Keputusan Lurah Cokrodiningratan oleh Ketua TP PKK Kelurahan Cokrodiningratan, Ibu Vita Kumalasari, S.Si., M.Eng maka dilaksanakanlah acara pelantikan dengan pembacaan Naskah Pelantikan oleh Lurah Cokrodiningratan, Andityo Bagus Baskoro, ST., M.Eng.

Lurah Andityo Bagus Baskoro, ST, M.Eng, dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada para pengurus TP PKK Kelurahan Cokrodiningratan Masa Bakti 2023-2028 yang baru saja dilantik.
Kemudian Lurah Cokrodiningratan meminta agar pengurus baru ini bisa mensukseskan pelaksanaan 10 Program Pokok PKK. Setiap pengurus diharapkan tahu, mau dan mampu untuk menjadi garda terdepan dalam aspek moral, pendidikan, kesehatan, sosial-budaya, ekonomi dan lingkungan hidup.
Setiap Pengurus diharapkan mendukung Program Kerja Pemerintah khususnya dalam penanganan sampah, yaitu melalui:
1. Melakukan Pembatasan Sampah dengan cara kurangi penggunaan barang   berbahan plastik sekali pakai seperti botol plastik, tas kresek serta kurangi styrofoam
2. Melakukan Pemanfaatan kembali untuk jenis sampah anorganik yg dapat digunakan kembali
3. Sediakan wadah terpilah di rumah tangga masing-masing pengurus TP PKK Kelurahan
4. Lakukan Pemilahan Sampah idealnya empat jenis sampah yaitu organik, anorganik, residu dan B3 sehingga ada minimal 4 wadah terpilah di Rumah Tangga
5. Melaksanakan Gerakan Mbah Dirjo (Mengolah Limbah Sampah Organik dengan Biopori ala Jogja seperti Biopori Reguler, Biopori Jumbo dan Biopori Darurat/Jugangan)
6. Salurkan Sampah Anorganik ke Bank Sampah/Aplikasi Jual Sampah/Pengepul Sampah dan usahakan agar sampah minimal masuk ke TPS/Depo Sampah
7. Serahkan Sampah B3 domestik ke Drop Box yang ada di Kemantren Jetis
8. Serahkan sampah yang sudah terpilah ke petugas pengumpul sampah atau secara mandiri langsung ke TPS/Depo
9. Membayar Retribusi Sampah
Selain permasalahan sampah, saya juga mohon kerjasama dari panjenengan semua terkait tantangan permasalahan atas isu perempuan dan anak, edukasi dan pencegahan perkawinan anak, stunting, kasus kekerasan serta penguatan ekonomi keluarga perlu dikawal secara khusus.