Verifikasi Lapangan Lomba Bank Sampah Inovatif dan Lomba Bank Sampah Reguler Kelurahan Cokrodiningratan

Kelurahan Cokrodiningratan - Rabu 18 Oktober 2023 telah di laksanakan Verifikasi Lapangan Lomba Bank Sampah Inovatif dan Lomba Bank Sampah Reguler.
Lomba Bank Sampah Inovatif dari Kelurahan Cokrodiningratan adalah Bank Sampah Dadi Mulyo yang berada di RW 03, beralamat di Cokrodiningratan JT.II No.90 RT. 11. Diketuai oleh Ibu Fitriyani dan Bank Sampah Dadi Mulyo aktivitasnya aktif dan rutin. Jumlah pengurus Bank Sampah 21 orang dan jumlah nasabah Bank Sampah Dadi Mulyo berjumlah 70 nasabah.
Bank Sampah Dadi Mulyo terbentuk pada tanggal 15 Desember 2021, pemberian nama Bank Sampah Dadi Mulyo mempunyai harapan menjadi sukses dalam memilah, mengolah sampah secara mandiri sehingga menjadi berkah bagi warga di wilayah. 
Verifikasi Lapangan di hadiri oleh tim juri dari Dinas Lingkungan Hidup, di dampingi oleh Bapak Lurah Cokrodiningratan Andityo Bagus Baskoro, S.T., M.Eng., di hadiri oleh Bapak Haryana selaku Plt Sekretaris Lurah Cokrodiningratan, Ibu Suryani selaku Kasi Perekonomian dan Pembangunan, perwakilan dari Kemantren Jetis, serta Faskel Pendamping Bank Sampah.
Dalam sambutannya Bapak Lurah Cokrodiningratan, Bapak Andityo Bagus Baskoro, S.T., M.Eng berharap agar Bank Sampah yang ada di wilayah Kelurahan Cokrodiningratan agar tetap rutin dan aktif dalam mengembangkan Bank Sampah agar terus bermanfaat bagi semua orang khususnya warga yang ada di wilayah tersebut.
Kegiatan-kegiatan yang ada di Bank Sampah Dadi Mulyo :
1. Pemilahan Sampah dilakukan dari rumah, dan jika ada beberapa yang belum terpilah maka dilakukan saat penimbangan Bank Sampah oleh pengurus dan nasabah.
2. Penimbangan Sampah bertempat di Bank Sampah Dadi Mulyo RW 03, dilakukan setiap minggu terakhir di setiap bulan dari jam 09.00 WIB sampai dengan jam 12.00 WIB, dimana penimbangan dilakukan oleh pengurus dan nasabah.
3. Pengelolaan Sampah Anorganik produk yang dihasilkan dari pengolahan sampah anorganik adalah pot tanaman, tempat tisue, tempat air mineral, club lampu, gantungan kunci, dan pernak pernik. Dimana proses pembuatannya dilakukan bersama-sama maupun secara kolektif dengan memanfaatkan sampah anorganik yang diolah sehingga menjadi produk yang layak jual. Dan produk tersebut dapat dijual secara langsung baik online maupun lewat forum UMKM Kemantren Jetis, Pameran (Jetis Expo).
 

Bank Sampah Dadi Mulyo RW 03

Setelah selesai verifikasi lapangan di RW 03 lalu lanjut ke RW 11 Lomba Bank Sampah Reguler Bank Sampah Bawono Langgeng, yang beralamat di Gondolayu Lor RT 58 RW 11 Kelurahan Cokrodiningratan, Diketuai oleh Ibu Yuniati, aktivitas Bank Sampah termasuk aktif dan rutin, jumlah pengurus yang ada di Bawono Langgeng 12 orang, jumlah nasabah Bank Sampah Bawono Langgeng ada 26 nasabah. Bank Sampah Bawono Langgeng sudah berdiri sejak sebelum pandemi, setelah pandemi berlalu terjadi kekosongan kepengurusan dan kegiatannya, maka atas dasar kesepakatan warga RW 11 dibentuklah kepengurusan yang baru, pada 17 Januari 2023, sebagai bentuk dukungan program GZSA.
Jadwal kegiatan atau Operasional Bank Sampah jam 09.00 WIB sampai dengan pukul 11.00 WIB.
Kegiatan Bank Sampah sama dengan kegiatan yang ada di Bank Sampah RW 11 adalah :
1. Pemilahan Sampah 
2. Penimbangan Sampah 
3. Pengolahan Sampah Anorganik (membuat tas laptop)
4. Pengolahan Sampah Organik (pelatihan pembuatan galon tumpuk)
Verifikasi Lapangan di hadiri oleh tim juri dari Dinas Lingkungan Hidup, di dampingi oleh Bapak Lurah Cokrodiningratan Andityo Bagus Baskoro, S.T., M.Eng., di hadiri oleh perwakilan dari Kemantren Jetis, serta Faskel Pendamping Bank Sampah.
Dalam sambutannya Bapak Lurah Cokrodiningratan, Bapak Andityo Bagus Baskoro, S.T., M.Eng berharap agar Bank Sampah yang ada di wilayah Kelurahan Cokrodiningratan agar tetap rutin dan aktif dalam mengembangkan Bank Sampah dan terus memaksimalkan potensi-potensi yang ada di masyarakat.
 

Bank Sampah Bawono Langgeng RW 10