Kasaningrat Cokrodiningratan ikuti Rangkaian Festival Sadar Wisata 5.0

Cokro JUARA - Kasaningrat yang merupakan akronim dari Kampung Wisata Cokrodiningratan mengikuti rangkaian Gelaran Festival Sadar Wisata di Mal Kota Kasablanka, Jakarta, Jumat - Minggu (24-26 November 2023). Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) ini merupakan puncak acara dari Program Kampanye Sadar Wisata (KSW) 5.0 yang diselenggarakan sejak tahun 2022. Kegiatan ini mengundang perwakilan dari 65 Desa/Kampung Wisata di 6 Destinasi Pariwisata Prioritas seperti:
1. Danau Toba (Desa Wisata Sibaganding, Tomok Parsaoran, Sialagan Pindaraya, Simanindo, Tuktuk Siadong, Ambarita, Huta Tinggi, Siogung-ogung, Situngkir, Lumban Suhi Suhi, Lumban Silintong, Siboruan, Silalahi Pagar Batu, Sibandang, Papande, Aritonang, Tongging, Merek)    
2. Bromo, Tengger, Semeru (Desa Wisata Tosari, Podokoyo, Wonokitri, Ngadisari, Wonotoro, Pasrujambe, Poncokusumo, Wringinanom, Jeru) 
3. Borobudur, Yogyakarta, Prambanan (Desa Wisata Candirejo, Tanjungsari, Ngargogondo, Wanurejo, Mendut, Kampung Wisata Cokrodiningratan (Kasaningrat), Kadipaten, Tamansari, Warungboto, Pakualaman, Kauman, Sayidan, Sosromenduran, Prenggan, Rejowinangun, Purbayan, Desa Wisata Bokoharjo, Bugisan, Kebondalem Kidul, Pereng)  
4. Lombok (Desa Wisata Pusuk Lestari, Senteluk, Gili Indah, Medana, Kuta, Rambitan, Selong Belanak, Buwuh Mas, Sekotong Barat, Gili Gede Indah,
5. Wakatobi (Desa Wisata Liya Togo, Tanomeha, Pajam, Kulati
6. Labuan Bajo (Desa Wisata Pasir Panjang, Golo Mori dan Papagarang)

Festival Sadar Wisata ini dibuka langsung oleh Ibu Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kementeria Parekraf Ibu Martini M Paham. Dalam sambutannya, Ibu Martini M Paham atau biasa dipanggil Ibu Diah menyampaikan bahwa Kegiatan Festival Sadar Wisata 5.0, Desa/Kampung Wisata ini untuk memperkenalkan dan memasarkan paket wisata serta produk hasil kreasi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang berhasil dikembangkan selama mengikuti Program Kampanye Sadar Wisata (KSW) 5.0. Festival Sadar Wisata menghadirkan 65 Desa/Kampung Wisata yang wajib mendisplay produk UMKM nya masing-masing. Meskipun rangkaian Program KSW 5.0 yang mendapatkan dukungan dari Bank Dunia ini telah memasuki tahap akhir, diharapkan dampak positifnya dapat terus berlanjut melalui berbagai bentuk kolaborasi.
Sebagaimana kita ketahui bahwa 65 Desa/Kampung Wisata peserta Festival Sadar Wisata sebelumnya telah mendapatkan manfaat dari Program Kampanye Sadar Wisata (KSW) 5.0 sepanjang 2022-2023 secara lengkap, meliputi Tahapan Sosialisasi, Pelatihan Pembuatan Proposal, serta 5 kali pendampingan. Rangkaian Acara Puncak Kampanye Sadar Wisata (KSW) 5.0 sendiri rencananya akan berlangsung selama 3 hari yaitu dari tanggal 24 sd 26 November 2023. Kasaningrat atau Kampung Wisata Cokrodiningratan mengirimkan rombongan yang terdiri dari Lurah Cokrodiningratan, Andityo Bagus Baskoro, ST., M.Eng., Ketua Pokdarwis Margono serta Local Champion Kasaningrat yaitu Arif Setyawan.

Festival Sadar Wisata ini akan menampilkan keunikan dan potensi 65 desa wisata terpilih dari seluruh Indonesia. Festival Sadar Wisata ini akan berlangsung di Lantai 1, Mall Kota Kasablanka, Jakarta dan Event ini akan dimulai tanggal 24 hingga 26 November 2023. Tujuan dari Festival Sadar Wisata ini adalah untuk memberikan kesempatan bagi pengunjung Mall Kota Kasablanka untuk menemukan paket wisata yang sesuai dengan minat mereka. 
Ada banyak paket wisata yang bakal dihadirkan di Festival Sadar Wisata ini. Mulai dari eduwisata, voluntourism, hingga tempat-tempat healing yang menenangkan. Lebih dari itu, festival ini juga menghadirkan produk-produk unik hasil dari kreasi UMKM lokal, memperlihatkan keragaman dan kreativitas masyarakat desa wisata. Salah satu daya tarik utama adalah penampilan Flash Mob Tari Tortor, sebuah tarian tradisional yang akan memukau pengunjung dengan keindahan dan keunikan budaya Indonesia. Acara ini juga akan dimeriahkan dengan berbagai games menarik. Selain itu, juga ada doorprize yang akan membuat pengalaman kalian semakin berkesan. Pengunjung juga akan diundang untuk bergabung dalam Tantangan Sadar Wisata, sebuah aktivitas interaktif yang dirancang untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya mendukung potensi wisata desa. Festival Sadar Wisata 5.0 ini adalah kesempatan sempurna untuk mendukung dan mengenal lebih dalam tentang potensi wisata di berbagai desa di Indonesia. Untuk Kampung Wisata Cokrodiningratan, membawa produk unik khas Cokrodiningratan yaitu Minyak dan Sabun Bulus serta souvenir khas yaitu Batik Jumputan Sewelas serta Blangkon dan Warangka Keris disamping cemilan khas Cokrodiningratan berupa peyek kacang dan produk olahan jahe merah.