Kunjungan Tim Juri Lomba Proklim Kota ke RW 10 Kp. Cokrokusuman

Cokro JUARA - Pada hari Selasa, 28 November 2023 bertempat di Balai RW 10 Gondolayu Lor, Kampung Cokrokusuman, Kelurahan Cokrodiningratan, Tim Juri Lomba Proklim Tingkat Kota Yogyakarta yang dipimpin langsung oleh Kepala Bidang Pengembangan Kapasitas dan Pengawasan Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta, Ir. Christina Endang Setyowati melaksanakan kegiatan verifikasi lapangan Lomba Proklim Tingkat Kota Yogyakarta Tahun 2023. Tim Juri Lomba Proklim Tingkat Kota Yogyakarta Tahun 2023 melibatkan OPD Teknis lainnya seperti, Bagian Tata Pemerintahan, Bagian Kesejahteraan Rakyat, LSM Hijau dan Pemerhati Lingkungan.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Tim Juri Lomba Proklim dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta, Mantri Pamong Praja Kemantren Jetis Ibu Rini Rahmawati, S.I.P.,M.I.P., Lurah Cokrodiningratan Bapak Andityo Bagus Baskoro, S.T.,M.Eng., Babinsa, dan Pengurus Kampung Cokrokusuman.

Dalam sambutannya Kepala Bidang Pengembangan Kapasitas dan Pengawasan Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta, Ir. Christina Endang Setyowati menyampaikan bahwa Proklim merupakan program nasional yang dikembangkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk meningkatkan keterlibatan semua pihak dalam penguatan kapasitas adaptasi dan penurunan emisi Gas Rumah Kaca (GRK). KLHK menargetkan terbentuknya Kampung Iklim sejumlah 20.000 lokasi pada tahun 2024.

Dalam penilaian ini Tim verifikasi melakukan peninjauan terhadap kegiatan warga dalam mendukung proklim (program kampung iklim) terkait adaptasi dan mitigasi dengan kegiatan antara lain bank sampah, penanaman tanaman toga, pemanfaatan lahan pekarangan, POSYANDU, rumah sehat dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Kegiatan-kegiatan tersebut dinilai telah memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat Kampung Cokrokusuman. Tim Verifikasi Lomba Proklim pun memberikan apresiasi atas upaya yang telah dilakukan oleh masyarakat RW 10 Kampung Cokrokusuman.