Sosialisasi Pra Musrenbang Kampung se Kelurahan Cokrodiningratan

Pada hari Rabu, 20 Desember 2023, dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Pra Musrenbang Kampung se Kelurahan Cokrodiningratan yang dilaksanakan di Balai RW 08 Kampung Cokrokusuman Kelurahan Cokrodiningratan yang dihadiri langsung oleh Lurah Cokrodiningratan, Bp. Andityo Bagus Baskoro, ST., M.Eng., Ketua LPMK dan Ketua BKM Cokrodiningratan, Komisioner Panwascam Jetis dan PKD Cokrodiningratan serta Ketua 3 Kampung se Kelurahan Cokrodiningratan (Cokrodiningratan, Jetisharjo, Cokrokusuman) dan Ketua RW se Kelurahan Cokrodiningratan.

Dalam sambutannya, Lurah Cokrodiningratan, Andityo Bagus Baskoro, ST., M.Eng. menyampaikan berdasarkan Peraturan Walikota Yogyakarta Nomor 25 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Walikota Yogyakarta Nomor 72 Tahun 2018 tentang Pedoman Pembentukan Kepengurusan Kampung Pasal 4 “Pengurus Kampung sebagai mitra kerja LPMK dan Kelurahan bertugas menyusun rencana pembangunan yang partisipatif, menggerakkan swadaya gotong royong masyarakat, melaksanakan serta mengendalikan pembangunan berbasis kampung”.
Serta Pasal 5 terkait fungsi Pengurus Kampung, huruf b “Pengkoordinasian perencanaan pembangunan Kampung antara lain melalui pendataan potensi, musyawarah pembangunan yang partisipatif, inventarisasi dan pemecahan masalah pembangunan serta pengendaliannya”.
Selain itu di Pasal 15 Ayat 1 Hubungan Kerja Pengurus Kampung, RW dan RT antara lain
(a) RT dan RW menyampaikan usulan perencanaan pembangunan kepada Pengurus Kampung;
(c) Pengurus Kampung melibatkan RT dan RW dalam Musyawarah Kampung.
Ayat 2 Hubungan Kerja Pengurus Kampung dan LPMK antara lain huruf (a) Pengurus Kampung menyampaikan usulan perencanaan pembangunan kepada LPMK.

Tematik Musrenbang 2024 untuk Kegiatan Pembangunan 2025 adalah Pemantapan Pembangunan Manusia dengan Dukungan Layanan Publik Berkualitas bagi Kesejahteraan Masyarakat.
Prioritas Pembangunan Kota Yogyakarta tahun 2025: 
1) Pemantapan Kualitas Sumber Daya Manusia 
2) Pemantapan Kualitas Infrastruktur, Tata Ruang, dan Lingkungan yang Aman dan Nyaman 
3) Peningkatan Perekonomian dan Kesejahteraan Masyarakat 
4) Pemantapan Kinerja Aparatur dan Birokrasi untuk Pelayanan Publik 
Konsep Pembangunan Wilayah dan Prioritas Usulan: 
1) Mempercepat Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat
2) Mengurangi Angka Kemiskinan
3) Memperkecil Kesenjangan Pendapatan di Masyarakat
Kemudian acara dilanjutkan dengan Sosialisasi terkait Pelanggaran dan Pengawasan Kepemiluan yang disampaikan oleh Komisioner Panwascam Jetis dan Panwaskel Cokrodiningratan.