Kunjungan Paguyuban Bank Sampah Cokrodiningratan ke Laron Sarungan

Cokro JUARA - Pada hari Sabtu, 27 Januari 2024, pukul 09.00 WIB, Paguyuban Bank Sampah Cokrodiningratan yang didampingi oleh Lurah Cokrodiningratan mengunjungi Laboratorium Pengolahan Sampah Rumah Tangga Perkotaan (Laron Sarungan) yang berlokasi di TPS3R Nitikan, Kemantren Umbulharjo, Kota Yogyakarta.
Dalam sambutannya Lurah Cokrodiningratan, Andityo Bagus Baskoro, ST., M.Eng, menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta yang telah menerima Paguyuban Bank Sampah Cokrodiningratan untuk belajar lebih jauh terkait Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Perkotaan di Laboratorium Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Perkotaan (LARON SARUNGAN).
Semoga para pengurus Bank Sampah yang tergabung di dalam Paguyuban bisa terbuka wawasannya, bagaimana pengelolaan sampah di Kota Yogyakarta dilaksanakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta.


Ketua Paguyuban Bank Sampah Cokrodiningratan, Tri Yulianto menyampaikan bahwa Paguyuban Bank Sampah Cokrodiningratan piknik ke LARON SARUNGAN dikarenakan sebagai sarana edukasi kepada anggota Paguyuban, bagaimana cara mengelola sampah rumah tangga di area perkotaan. Karena di perkotaan itu pasti ada kendala keterbatasan lahan.
Petugas TPS 3R Nitikan DLH Kota Yogyakarta, Supriyono, menjelaskan bahwa Program Laron Sarungan diadakan agar warga masyarakat mendapat edukasi terkait metode-metode pengelolaan sampah organik maupun anorganik yang selama ini dilakukan di TPS 3R Nitikan. Karena di perkotaan memiliki keterbatasan lahan untuk mengelola sampah rumah tangga, maka metode pengolahan sampahnya pun dibuat sederhana dan tidak membutuhkan tempat yang luas.