Mediasi Sengketa Kepengurusan Makam Cokrokusuman

Cokrodiningratan - Pada hari Selasa, 30 Januari 2024, pukul 09.00 WIB bertempat di Aula Kantor Kelurahan Cokrodiningratan, diadakan kegiatan Mediasi terkait permasalahan Sengketa Makam Cokrokusuman.
Mediasi yang dipimping langsung oleh Lurah Cokrodiningratan Andityo Bagus Baskoro, ST., M.Eng. dihadiri juga dari Bp. Yugo dari Satuan Polisi Pamong Praja Kota Yogyakarta, Bhabinkamtibmas Cokrodiningratan Bripka Fajar Yuli Wibowo, SH, Ketua LPMK Cokrodiningratan Bp. Margono, Ketua Kampung Cokrokusuman sekaligus Ketua Jaga Warga, Ketua FKPT dan Ketua FKPM Cokrokusuman Bp. Herbudi, serta Ketua RW se Kampung Cokrokusuman.
Dalam sambutannya Lurah Cokrodiningratan, Andityo Bagus Baskoro, ST., M.Eng, menyampaikan bahwa acara mediasi penyelesaian sengketa Makam Cokrokusuman ini kita selenggarakan sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kelurahan Cokrodiningratan dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh warga. 
Mediasi ini merupakan wadah untuk mencari solusi bersama, dengan semangat musyawarah dan mufakat, guna mencapai keadilan dan keharmonisan di antara kita.
Lurah Cokrodiningratan sangat mengapresiasi kehadiran seluruh pihak yang terlibat dalam permasalahan ini, baik itu pihak yang bersengketa maupun para pendukungnya. Semoga melalui mediasi ini, kita dapat menemukan solusi yang adil dan bermartabat, serta menciptakan lingkungan yang harmonis dan damai di Kelurahan Cokrodiningratan.


Kronologis dari Pengurus Kampung Cokrokusuman terkait permasalahan Makam Cokrokusuman bermula adalah saat ahli waris warga Cokrokusuman yang meninggal dunia dan hendak dikebumikan di Makam Cokrokusuman ditarik sejumlah biaya yang tidak sedikit dan cenderung besar biayanya.
Sehingga untuk mengklarfikasi terkait permasalahan tersebut, pihak Pengurus Kampung Cokrokusuman meminta Kelurahan Cokrodiningratan untuk memfasilitasi kegiatan Mediasi ini dengan pihak Juru Kunci Makam Cokrokusuman.
Akhirnya setelah melakukan klarifikasi dengan pihak Juru Kunci Makam Cokrokusuman, kedua belah pihak yaitu Pengurus Kampung Cokrokusuman dan Pihak Juru Kunci Makam Cokrokusuman bersedia untuk duduk bareng dalam membentuk Susunan Kepengurusan Pengelola Makam Cokrokusuman.
Harapannya agar Pengelola Makam Cokrokusuman ini nantinya bisa menentukan tarif biaya pemakaman yang relatif terjangkau oleh Warga Kampung Cokrokusuman.