Penyuluhan Pencegahan Dan Penanggulangan Kebakaran Tahun 2024

Cokrodiningratan - Kamis, 25 April 2024 bertempat di Kelurahan Cokrodiningratan telah dilaksanakan Penyuluhan Pencegahan Dan Penanggulangan Kebakaran Tahun 2024. Dihadiri oleh Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Yogyakarta Bapak Taokhid, S.I.P., M.Si., beserta jajarannya, Mantri Pamong Praja Kemantren Jetis Ibu Rini Rahmawati S.I.P., M.I.P., Lurah Cokrodiningratan Bapak Andityo Bagus Baskoro, S.T., M.Eng, serta narasumber dari Perusahaan Listrik Negara.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Yogyakarta Bapak Taokhd, S.I.P., M.Si., menyampaikan bahwa pentingnya dilakukan Penyuluhan Pencegahan Dan Penanggulangan Kebakaran untuk masyarakat agar masyarakat mengetahui apa penyebab kebakaran dan cara mengatasinya.

Mantri Pamong Praja dan Lurah Cokrodiningratan mengucapkan terimakasih serta mendukung adanya kegiatan penyuluhan yang dilakukan oleh Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Yogyakarta. 

Narasumber dari Perusahaan Listrik Negara menyampaikan materi tentang penyebab korsleting listrik dan tips menghindarinya, beberapa penyebab korsleting listrik adalah :
1. Penyambungan listrik yang tidak sempurna
2. Stop kontak sudah kendur
3. Perangkat listrik berkualitas rendah
4. Paparan suhu tinggi
5. Stop kontak basah
Tips menghindari korsleting listrik adalah :
1. Rutin cek instalasi
2. Pakailah instalasi SNI
3. Perhatikan stop kontak
4. Gunakan jalur listrik sendiri
5. Gambarlah jalur instalasi

Setelah materi dari Petugas Listrik Negara selesai, dilakukan praktek dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Yogyakarta yang melibatkan warga untuk terjun langsung dan mengerti serta merasakan bagaimana cara memadamkan api ketika terjadi kebakaran. 
Disampaikan juga elemen-elemen pendukung terjadinya kebakaran dimana elemen tersebut adalah panas, bahan bakar dan oksigen.