Pelatihan Pembuatan Demplot Maggot Kelurahan Cokrodiningratan

Cokrodiningratan- Rabu dan Kamis, 24 dan 25 April 2024 Kelurahan Cokrodiningratan mengadakan kegiatan Pelatihan Pembuatan Demplot Maggot di wilayah Kelurahan Cokrodingratan. Acara pelatihan ini dihadiri oleh perwakilan Bank Sampah yang ada di wilayah Kelurahan Cokrodiningratan.

Maggot sendiri merupakan salah satu larva yang berasal dari telur serangga bernama Black Soldier Fly (BSF) dimana manggot tersebut pakannya berasal dari bahan organik seperti sayuran dan limbah rumah tangga.
Hal tersebut dapat menyelesaikan problem yang selama ini ada di desa dan di perkotaan. 
Keuntungan budidaya maggot bisa dimanfaatkan sebagai pakan ikan dan ternak unggas sedangkan kascot (kotoran maggot) bisa dimanfaatkan untuk pupuk pertanian.

Sarana prasarana dalam budidaya maggot berupa :
(1) kandang lalat didalamnya ada tempat lalat BSF bertelur, tempat minum lalat, black box pupa untuk penetasan lalat, tempat gantung krasak,
(2) baskom penetasan telur BSF dan
(3) rak pembesaran maggot. 

Setelah menerima Teori di hari Pertama, maka pada hari kedua dilaksanakan Praktek langsung terkait dengan maggotnya di Ndalem Sawo Maggot yang terletak di wilayah RW 04 Cokrodiningratan

Semoga dengan adanya pelatihan demplot maggot yang telah dilaksanakan di Kelurahan Cokrodiningratan bisa menjadi inspirasi masyarakat untuk melakukan budidaya maggot karena manfaatnya sangat baik sekali.