COKRO JUARA! Wisata Edukasi SDN Tegalrejo 2 ke Destinasi Wisata Baru KASANINGRAT-MAGGOT NDALEM SAWO Demplot Pengelolaan Sampah Terpadu

Cokrodiningratan - Pada hari Jumat Wage, 17 Mei 2024 bertempat di Maggot Ndalem Sawo, RT 16 RW 04 Kampung Cokrodiningratan, KASANINGRAT (Kampung Wisata Cokrodiningratan) beserta FBS (Forum Bank Sampah) Cokrodiningratan menerima kunjungan wisata edukasi dari SDN Tegalrejo 2 Kemantren Tegalrejo Kota Yogyakarta.  Kunjungan wisata edukasi ini melibatkan 60 siswa-siswi kelas IV SDN Tegalrejo 2 yang didampingi oleh 4 (empat) orang guru pendamping serta Komite Sekolah dari SDN Tegalrejo 2. 

Lurah Cokrodiningratan, Andityo Bagus Baskoro, ST., M.Eng., dalam sambutannya saat menerima kunjungan wisata edukasi dari SDN Tegalrejo menyampaikan bahwa saat ini permasalahan sampah sedang naik daun serta menjadi permasalahan bersama warga Daerah Istimewa Yogyakarta. Keberadaan Maggot Ndalem Sawo yang berada di wilayah RT 16 RW 04 Cokrodiningratan ini merupakan wujud dari usaha bersama warga Kampung Cokrodiningratan untuk bisa melaksanakan gotong royong pengelolaan sampah terpadu dengan memanfaatkan demplot maggot hasil Pelatihan Demplot Maggot Kelurahan Cokrodiningratan di Bulan April lalu. Selain adanya keberadaan Demplot Maggot, di Maggot Ndalem Sawo, siswa dan siswi SDN Tegalrejo akan melihat dan praktek secara langsung terkait :

1. Pengelolaan Sampah Organik dengan menggunakan Maggot


2. Pelatihan Budidaya Lele Cendol dengan pakan maggot


3. Pelatihan Budidaya Tanaman Sayur dengan memanfaatkan pupuk organik sisa pengelolaan maggot (kasgot) dan kotoran ayam


4. Pelatihan pembuatan kerajinan memanfaatkan sampah anorganik


5. Pelatihan pembuatan kompos dengan menggunakan ember tumpuk.

Bapak Agung selaku pengelola Maggot Ndalem Sawo menjelaskan, nantinya 60 siswa-siswi tersebut akan dipecah menjadi 5 kelompok dan masing-masing kelompok akan secara bergantian mempelajari 5 aktivitas terkait pengelolaan sampah dan pertanian kota yang ada di Maggot Ndalem Sawo - Demplot Pengelolaan Sampah Terpadu Kelurahan Cokrodiningratan.

Bapak Tri Yulianto selaku Ketua Forum Bank Sampah Cokrodiningratan menjelaskan bahwa, Maggot Ndalem Sawo adalah unit bisnis dari Forum Bank Sampah Cokrodiningratan dalam hal pengelolaan sampah di wilayah Cokrodiningratan. Kedepannya diharapkan Demplot Maggot seperti ini bisa berada di 2 kampung lainnya di Kelurahan Cokrodiningratan seperti di Kampung Jetisharjo dan Kampung Cokrokusuman.

Bapak Margono selaku Ketua Pokdarwis Cokrodiningratan sekaligus Perwakilan dari KASANINGRAT menjelaskan, dengan menggandeng Forum Bank Sampah Cokrodiningratan, Pokdarwis Cokrodiningrata berhasil membuat Destinasi Tujuan Wisata (DTW) baru dibidang wisata edukasi yang bisa dimaksimalkan pemasarannya oleh KASANINGRAT kedepannya.