Tindaklanjuti SE Pj Walikota Yogyakarta, Cokrodiningratan Launching PMT Ibu Hamil & Workshop KELON CANTING Edisi KELAMBU

Cokrodiningratan - Menindaklanjuti Surat Edaran Pj. Walikota Yogyakarta tanggal 31 Mei 2024, Nomor. 100.3.4.3124681/SE/2024 tentang Intervensi Serentak Pencegahan Stunting di Kota Yogyakarta yang menindaklanjuti Surat Kemendagri tanggal  13 Mei 2024, Nomor. 400.5.3/3161/Bangda tentang Pelaksanaan Kegiatan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting di Daerah, maka pada tanggal 19 Juni 2024 bertempat di Aula Kelurahan Cokrodiningratan, Kelurahan Cokrodiningratan mengadakan kegiatan Launching Pemberian Makanan Tambahan (PMT) bagi Ibu Hamil serta Workshop KELON CANTING (Kelas Offline Untuk Cegah Stunting) Edisi KELAMBU (Kelasnya Kaum Ibu).

Acara Launching Pemberian Makanan Tambahan (PMT) bagi Ibu Hamil serta Workshop KELON CANTING (Kelas Offline Untuk Cegah Stunting) Edisi KELAMBU (Kelasnya Kaum Ibu) ini dihadiri oleh Ketua TP PKK Kelurahan Cokrodiningratan sebagai Ketua Tim Penanggulangan Stunting (TPS) Kelurahan Cokrodiningratan, Ibu Vita Kumalasari, S.Si., M.Eng., Kepala Puskesmas Kemantren Jetis, Ibu dr. Ani Mufidah Sari, Penyuluh KB Kemantren Jetis, Ibu Ita, Ketua Kelurahan Siaga Kelurahan Cokrodiningratan, Bp. Sugiyanan, Tim Pendamping Keluarga Kelurahan Cokrodiningratan, Ketua RW dan RT di lokus Ibu Hamil Penerima Makanan Tambahan, serta 3 orang Ibu Hamil Penerima Makanan Tambahan di wilayah Kelurahan Cokrodiningratan.

Dalam sambutannya Lurah Cokrodiningratan, Andityo Bagus Baskoro, ST., M.Eng., menyampaikan bahwa Kegiatan Launching Pemberian Makanan Tambahan (PMT) bagi Ibu Hamil serta Workshop KELON CANTING (Kelas Offline Untuk Cegah Stunting) Edisi KELAMBU (Kelasnya Kaum Ibu) ini merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Pj. Walikota Yogyakarta tanggal 31 Mei 2024, Nomor. 100.3.4.3124681/SE/2024 tentang Intervensi Serentak Pencegahan Stunting di Kota Yogyakarta. Selama 90 hari kedepan mulai tanggal 19 Juni 2024. Tujuan dari diadakannnya kegiatan intervensi serentak pencegahan stunting yaitu mendeteksi dini masalah gizi, memberikan edukasi pencegahan stunting kepada seluruh sasaran serta melakukan intervensi segera bagi sasaran yang memiliki masalah gizi dan meningkatkan kunjungan cakupan sasaran ke Posyandu.

Pemberian Makanan Tambahan (PMT) bagi Ibu Hamil di wilayah Kelurahan Cokrodiningratan akan mengambil sasaran 3 orang Ibu Hamil yang data-datanya diperoleh dari Puskesmas Jetis. Ketiga orang ibu hamil tersebut akan menerima Pemberian Makanan Tambahan bagi Ibu Hamil menggunakan anggaran APBD Kota Yogyakarta.

Sementara itu Vita Kumalasari, S.Si., M.Eng, Ketua TP PKK Kelurahan Cokrodiningratan sekaligus Ketua Tim Penanggulangan Stunting (TPS) Cokrodiningratan, menambahkan bahwa kesehatan ibu hamil merupakan salah satu prioritas utama dalam upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Ibu hamil yang sehat akan melahirkan generasi penerus yang sehat dan kuat. Oleh karena itu, kita semua memiliki tanggung jawab besar untuk memastikan bahwa ibu hamil di wilayah kita mendapatkan asupan gizi yang cukup dan seimbang.

Program Pemberian Makanan Tambahan (PMT) bagi Ibu Hamil adalah salah satu upaya untuk meningkatkan status gizi ibu hamil, sehingga dapat mengurangi risiko komplikasi kehamilan dan melahirkan bayi dengan berat badan lahir rendah. Program ini memerlukan koordinasi dan kerjasama yang baik antara berbagai pihak, mulai dari pemerintah, tenaga kesehatan, hingga masyarakat.

Setelah sambutan Lurah Cokrodiningratan dan Ketua TP PKK Cokrodiningratan, acara kemudian dilanjutkan dengan Materi Kelon Canting (Kelas Offline Untuk Cegah Stunting) Edisi KELAMBU (Kelasnya Kaum Ibu) yang disampaikan oleh Nutrisionist Puskesmas Jetis, Ibu Ida Widaningsih, S.Si.Tr., yang membawakan materi dengan Judul Gizi Ibu Hamil dalam Upaya Pencegahan Stunting. Ibu Ida, menyampaikan bahwa apa yang dimaksud dengan makanan bergizi adalah yang terdiri dari gizi seimbang yang didalamnya terkandung karbohidrat, protein, vitamin dan mineral. Tujuan pemberian gizi yang cukup pada ibu hamil antara lain adalah mempertahankan kesehatan dan kekuatan tubuh, pertumbuhan janin, supaya luka-luka persalinan cepat pulih serta meningkatkan produksi ASI.

Setelah pemberian Materi maka acara selanjutnya adalah Pemberian Makanan Tambahan kepada 3 orang Ibu Penerima Makanan Tambahan (PMT) oleh Lurah Cokrodiningratan dan Ketua TP PKK Kelurahan Cokrodiningratan yang diserahkan oleh Kepala Puskesmas Kemantren Jetis. Satu orang Ibu Penerima Makanan Tambahan berhalangan hadir di acara Launching ini sehingga akan dikirimkan langsung ke rumah kediamannya dan diterima langsung oleh keluarganya.