COKRO JUARA! Penerjunan Program Penguatan Kapasitas (PPK) Organisasi Kemahasiswaan (ORMAWA) Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Biologi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Tahun 2024

Cokrodiningratan - Pada hari Jumat, 21 Juni 2024 bertempat di Aula Kantor Kelurahan Cokrodiningratan, Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi (HMPS PBIO) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengadakan Kegiatan Pemaparan Program Kerja Lapangan serta Rencana Tindak Lanjut dari Pelaksanaan Program Peningkatan Kapasitas (PPK) Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) yang mendapatkan pendanaan dari Kemenristekdikti. Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua LPMK Cokrodiningratan, Ketua BKM Cokrodiningratan, Ketua Pemetri Code, Ketua Kampung Cokrodiningratan, Ketua Kampung Jetisharjo dan Ketua Kampung Cokrokusuman serta Ketua RW se Kelurahan Cokrodiningratan serta didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan Kegiatan tersebut yaitu Ibu Dra. Zuchrotus Salamah, M.Si.

Ibu Dra. Zuchrotus Salamah, M.Si., Dosen Pembing Lapangan yang sekaligus Dosen di Program Studi Pendidikan Biologi menyampaikan bahwa Kelurahan Cokrodiningratan masuk sebagai salah satu dari 16 Desa/Kelurahan yang akan menjadi lokus dalam Kegiatan Program Penguatan Kapasitas (PPK) Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang mendapatkan pendanaan dari Direktorat Jenderal Pembelajaran Kemahasiswaan (Belmawa) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Tahun 2024 ini. Kegiatan PPK Ormawa ini bukan kegiatan pengganti KKN (Kuliah Kerja Nyata) namun sebagai bentuk pengabdian masyarakat yang merupakan implementasi dari salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Masyarakat. Proses Kegiatan PPK Ormawa bahkan bisa berlangsung hingga 5 bulan jauh lebih lama dari kegiatan KKN yang hanya berlangsung 3 bulan saja. Harapannya setelah kegiatan PPK Ormawa ini selesai mahasiswa peserta kegiatan akan bisa meningkatkan skill problem solving, membangun jiwa bermasyarakat, menumbuhkan rasa kekeluargaan serta kemampuan menjalin kemitraan maupun networking.

Lurah Cokrodiningratan, Andityo Bagus Baskoro, ST., M.Eng, dalam sambutannya menyampaikan bahwa sangat mengapresiasi sekali dengan keberadaan adik-adik Mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi yang akan melaksanakan kegiatan PPK Ormawa di Kelurahan Cokrodiningratan. Apalagi tema yang hendak diusung yaitu "Pemberdayaan Masyarakat Lembah Code di Kelurahan Cokrodiningratan Melalui Sekolah Sungai Berbasis Endly Smart Education menuju Kampung Urban Ramah Lingkungan".

Harapannya dengan adanya pengembangan kurikulum Sekolah Sungai yang lebih baik lagi di tahun pertama ini maka pelaksanaan di tahun kedua dan tahun ketiga PPK Ormawa HMPS Pendidikan Biologi di Kelurahan Cokrodiningratan akan bisa mengantarkan Kampung Wisata Cokrodiningratan (KASANINGRAT) masuk menjadi 50 besar nasional di ajang penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) yang diadakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Amiiin Yaa Rabbal Alamiiin...

Acara selanjutnya adalah pemaparan Program Kerja Lapangan serta Rencana Pelaksanaan Kegiatan Program Penguatan Kapasitas Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Tahun 2024 di Kelurahan Cokrodiningratan oleh beberapa mahasiswa yang menjadi Penanggung Jawab masing-masing Kegiatan Utama seperti: Pendidikan, Penghijauan, Pengelolaan Sampah, Pengelolaan Limbah Cair serta Peningkatan Kesejahteraan Sosial Masyarakat.