COKRO JUARA! Pelatihan Budidaya Tanaman TOGA Bagi Gapoktan dan PKK Kelurahan Cokrodiningratan

Cokrodiningratan - Selama 2 hari, 25 dan 26 Juni 2024 bertempat di Aula Kantor Kelurahan Cokrodiningratan (Hari ke-1) dan Pendopo Kelurahan Cokrodiningratan (Hari ke-2), Kelurahan Cokrodiningratan mengadakan kegiatan Pelatihan Budidaya Tanaman TOGA Tahun 2024. Kegiatan Pelatihan yang menggunakan anggaran dari APBD Kota Yogyakarta Tahun 2024 ini menghadirkan 26 orang peserta yang tergabung ke dalam Gapoktan Cokrodiningratan serta 4 orang peserta dari Pokja 3 TP PKK Kelurahan Cokrodiningratan.

Lurah Cokrodiningratan, Andityo Bagus Baskoro, ST., M.Eng., dalam sambutannya menyampaikan bahwa sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas kehadiran Bapak/Ibu peserta sekalian dalam acara ini. Pelatihan ini adalah salah satu upaya kita untuk meningkatkan pengetahuan serta keterampilan warga dalam membudidayakan tanaman obat keluarga. Seperti yang kita ketahui bersama, tanaman obat memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan keluarga. Selain itu, budidaya tanaman obat juga dapat menjadi sumber penghasilan tambahan bagi warga Cokrodiningratan. 

Kelurahan Cokrodiningratan memiliki potensi yang sangat besar dalam rangka mengembangkan budidaya tanaman obat keluarga. Dengan iklim yang mendukung serta tanah yang subur, kita bisa memanfaatkan lahan yang ada untuk menanam berbagai jenis tanaman obat yang bermanfaat. Namun, potensi ini tidak akan maksimal tanpa adanya pengetahuan dan keterampilan yang memadai. Oleh karena itu, pelatihan ini sangat penting agar kita semua bisa belajar bagaimana cara membudidayakan tanaman obat dengan baik dan benar.

Sementara itu Bp. William Martin selaku Narasumber hari ke-1 kegiatan Pelatihan Budidaya Tanaman TOGA menyampaikan teori terkait Budidaya Jahe dalam Polybag dapat dilakukan dengan ketentuan sebagai berikut:

A. Syarat Tumbuhnya Jahe Merah:
1. Tanah subur, gembur dan mengandung humus tinggi;
2. Membutuhkan sinar matahari, utamanya saat tanaman masih berumur 2,5 - 7 bulan

B. Persiapan Bibit Jahe Merah:
1. Pilih Bibit dari Tanaman Jahe Merah yang sudah tua (umur 9-10 bulan) dengan berwarna cerah, berukuran sedang-besar, bersih, tidak ada luka/lecet
2. Lihat ada berapa banyak mata tunas dalam satu rimpang tersebut
3. Dicuci bersih dan direndam dengan ZPT Atonik 6.o L atau rendaman bawang merah
4. Potong rimpang dengan pisau sesuai dengan mata tunasnya.

C. Cara Menanam Jahe dalam Polybag:
1. Buat lubang pada tanah sedalam 5 cm atau sesuai ukuran benih
2. Masukkan rimpang jahe merah yang sudah dipotong
3. Tutup rimpang jahe dengan tanah setebal 2 cm
4. Sirami dengan air hingga basah dan lembab
5. Mulai tumbuh ketika sudah berumur 2 minggu.

Kemudian di hari ke-2, Rabu, 26 Juni 2024, disampaikan materi oleh Narasumber ke-2 yaitu Bp. Hari Purnama yang akan menjelaskan terkait praktek langsung menanam jahe di dalam Polybag.

Setelah diadakan praktek langsung, maka kegiatan pelatihan ditutup dengan penyerahan secara simbolis bahan percontohan kegiatan Pelatihan Budidaya Tanaman TOGA oleh Lurah Cokrodiningratan, Andityo Bagus Baskoro, ST., M.Eng., kepada Ketua Gapoktan Cokrodiningratan, Ibu Sumaeni.