Kunjungan Tim Akreditasi Kelurahan Budaya Kundha Kabudayan DIY ke Kelurahan Budaya Cokrodiningratan

Cokrodiningratan - Pada hari Rabu, 26 Juni 2024 bertempat di Balai Serbaguna Kampung Cokrodiningratan, Lurah beserta Perangkat Kelurahan dan Ketua Kelurahan Budaya beserta segenap jajaran pengurusnya menerima kunjungan dari Tim Akreditasi Kelurahan Budaya Kundha Kabudayan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tim Akreditas Kelurahan Budaya Kundha Kabudayan Daerah Istimewa Yogyakarta yang dipimpin langsung oleh Kepala Seksi Lembaga Budaya Bidang Pemeliharaan dan Pengembangan ATLAS Kundha Kabudayan Daerah Istimewa Yogyakarta, Ibu Dra. Endang Widuri dalam sambutannya menyampaikan bahwa, maksud kedatangan kami Tim Akreditasi Kelurahan Budaya Kundha Kabudayan DIY adalah untuk melihat sejauh mana proses perkembangan dari Kelurahan Budaya Cokrodiningratan. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Kelurahan Cokrodiningratan beserta 3 Kelurahan lainnya di Kota Yogyakarta (Warungboto, Prenggan dan Purbayan) berdasarkan SK Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 454/KEP/2023 tanggal 28 Desember 2023 telah ditetapkan sebagai Kelurahan Budaya bersama 96 Kelurahan dan Kalurahan di DI Yogyakarta. Penetapan 4 Kelurahan baru ini melengkapi 3 Kelurahan di Kota Yogyakarta (Gedongkiwo, Terban dan Kricak) yang telah terlebih dulu ditetapkan menjadi Kelurahan Budaya.

Lurah Cokrodiningratan, Andityo Bagus Baskoro, ST., M.Eng., dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang kepada Tim Akreditas Kelurahan Budaya Kundha Kabudayan DI Yogyakarta. Meskipun baru berusia 6 bulan sebagai Kelurahan Budaya, Kelurahan Cokrodiningratan memiliki banyak potensi yang masih bisa dikembangkan. Sebagai Kelurahan Budaya yang berada di kawasan Penyangga Kawasan Sumbu Filosofi Yogyakarta, keberadaan Kelurahan Budaya Cokrodiningratan yang memiliki 11 bangunan heritage yang telah memiliki SK Menteri akan menjadi keunggulan tersendiri bagi Kelurahan Cokrodiningratan dalam hal pengembangan Kelurahan Budaya.

Meskipun demikian masih banyak kekurangan yang perlu diperbaiki oleh Kelurahan Budaya Cokrodiningratan khususnya di Aspek Bahasa dan Sastra yang perlu ditingkatkan. Oleh sebab itu kedepannya bersama dengan Kelurahan Budaya Cokrodiningratan, Kelurahan Cokrodiningratan berencana akan mengadakan berbagai kegiatan yang akan mendukung keberadaan Aspek Bahasa dan Sastra di Kelurahan Budaya Cokrodiningratan seperti Workshop Pranata Adicara, Workshop Penulisan Aksara Jawa serta Festival Bahasa dan Sastra Jawa tingkat Kelurahan dan lain sebagainya. Semoga kegiatan tersebut bisa diwujudkan di masa yang akan datang.