KASANINGRAT Terima Kunjungan Mahasiswa Asing Program Globethic Doctoral School Universitas Gadjah Mada di Kali Code

Cokrodiningratan - Kamis Pon, 3 Oktober 2024 bertempat di RT 26 RW 06 Kampung Jetisharjo Kelurahan Cokrodiningratan, Lurah Cokrodiningratan Andityo Bagus Baskoro, ST., M.Eng., beserta Tim KASANINGRAT (Kampung Wisata Cokrodiningratan) menerima kunjungan 11 mahasiswa doktoral yang mengikuti program Globethics Doctoral School (GDS) yang berasal dari Rwanda, India, Burundi, Myanmar, Kolombia, dan Indonesia. Selain itu, program ini juga diikuti oleh peneliti Globethics yang berasal dari Swiss, Jerman, serta Argentina.

Sebelum diterima di RT 26 RW 06 Kampung Jetisharjo Cokrodiningratan, Rombongan Field Trip Mahasiswa Program Globethics Doctoral School (GDS) ini mengunjungi terlebih dulu Kediaman Romomangun di Gondolayu. Disini rombongan berdialog dengan tokoh masyarakat Pak Ariyanto yang akan menjelaskan sejarah serta keunikan arsitektur bangunan rumah Romo Mangunwijaya. 

Selanjutnya rombongan berjalan kaki menuju ke RW 11 Gondolayu Lor Kampung Cokrokusuman Kelurahan Cokrodiningratan. Disini Rombongan Field Trip Mahasiswa Program Globethics Doctoral School (GDS) akan berkeliling kebun sembari berdialog dan belajar dengan Petani Perkotaan terkait Pertanian dan Perikanan Perkotaan. Di RW 11 Gondolayu Lor Kampung Cokrokusuman terdapat Kelompok Tani (Poktan) Teras Hijau dan Kelompok Budidaya Perikanan (Pokdakan) RW 11 Gondolayu Lor.

Rombongan kembali berjalan kaki menuju Pos ke-3 yaitu RW 10 Gondolayu Lor Kampung Cokrokusuman, yang lebih dikenal sebagai Desa Bersih dan Hijau (Green dan Clean Village) dan mengunjungi Bank Sampah Legendaris di Kota Yogyakarta yaitu Bank Sampah Bumi Lestari. Disini Rombongan Field Trip Mahasiswa Program Globethics Doctoral School (GDS) akan berdialog dan belajar dengan pengelola Bank Sampah Bumi Lestari yang legendaris terkait pengelolaan sampah anorganik.

Menuju Pos ke-4 yaitu RW 09 Kampung Cokrokusuman, rombongan akan berdialog dengan Tokoh Masyarakat Madura. Rombongan akan belajar terkait akulturasi budaya Madura dengan budaya Jawa.

Selanjutnya menuju Pos ke-5 Kawasan Taman Jetis Pasiraman yang terletak di sepanjang bantaran sungai code di Kampung Cokrokusuman dan Kampung Jetisharjo. Salah satunya adalah Taman Robin. Disini Rombongan Field Trip Mahasiswa Program Globethics Doctoral School (GDS) akan menikmati Coffe Break sejenak sembari menikmati jajanan khas tradisional Cokrodiningratan yaitu olaha sawo. Selanjutnya Rombongan Field Trip Mahasiswa Program Globethics Doctoral School (GDS) akan diajak untuk menanam sayur-sayuran di polybag, dilanjutkan dengan melepaskan ikan endemis Kali Code sembari memberikan ecoenzyme kedalam sungai. Selanjutnya Rombongan Field Trip Mahasiswa Program Globethics Doctoral School (GDS) akan belajar ecostamping gel.

Tiba di Pos ke-6 yaitu di Selasar Kampung Hijau Jetisharjo RT 26 RW 06, Rombongan Field Trip Mahasiswa Program Globethics Doctoral School (GDS) akan menikmati hidangan makan siang khas tradisional jawa dengan metode kenduri. Dimana hidangan disajikan di alas daun pisang, nasi putih dibentuk tumpeng, diberi sayuran urap dan ikan asin serta ayam goreng sebagai lauk pauknya dengan minuman tradisional serai jeruk nipis (seruni).

Lurah Cokrodiningratan, Andityo Bagus Baskoro, ST., M.Eng., dalam sambutannya saat menerima Rombongan Field Trip Mahasiswa Program Globethics Doctoral School (GDS) menyampaikan sambutan selamat datang kepada rombongan Mahasiswa Program Doctoral School (GDS) serta mengapresiasi atas kunjungannya. Di Kali Code, rombongan telah mengamati kawasan Kali Code ini tidak hanya menjadi kawasan pemukiman saja namun juga merupakan simbol kehidupan dinamis dan solidaritas kuat masyarakat Yogyakarta. Kali Code menjadi saksi bagaimana warga hidup saling berdampingan dengan alam, menghadapi tantangan dengan tetap menjunjung tinggi nilai persatuan dan kerja sama. Di Kampung Code, nilai-nilai lokal dan praktik etika yang dipelajari di Globethics Doctoral School menjadi nyata tersaji. Saya berharap melalui kunjungan singkat ini, Rombongan tidak hanya memperoleh ilmu akademis namun juga wawasan sosial tentang pentingnya keharmonisan antara manusia, alam, dan budaya.

Lurah Cokrodiningratan juga mengucapkan terima kasih kepada pihak penyelenggara dan seluruh panitia yang telah memilih Kali Code sebagai bagian dari agenda kunjungan dari . Kami masyarakat Desa Cokrodiningratan bangga menjadi tuan rumah dan menjadi bagian dari pengalaman belajar yang memperkaya bagi Anda semua. Terakhir, saya berharap Anda mendapatkan pengalaman yang mendalam dan bermanfaat sepanjang kunjungan lapangan ini. Semoga waktu Anda di Kali Code menginspirasi Anda dan membawa dampak positif bagi perjalanan akademis dan kehidupan sosial Anda di masa depan.