Rakor Forum Kampung Panca Tertib (FKPT) Kelurahan Cokrodiningratan bertema Tertib Pondokan

Cokrodiningratan - Pada hari Selasa, 8 Oktober 2024, di Aula Kantor Kelurahan Cokrodiningratan diadakan Rapat Koordinasi Forum Kampung Panca Tertib (FKPT) Kelurahan Cokrodiningratan yang menghadirkan Ketua Kampung Panca Tertib beserta jajarannya dari Cokrodiningratan, Jetisharjo dan Cokrokusuman serta Ketua RW se Kelurahan Cokrodiningratan.

Sebagai narasumber dari Rakor Forum Komunikasi Panca Tertib Kelurahan Cokrodiningratan adalah Bapak Thamrin dari Bidang Pembinaan dan Pengembangan Kapasitas Sumber Daya Manusia Satpol PP Kota Yogyakarta. Lurah Cokrodiningratan, Andityo Bagus Baskoro, ST., M.Eng., dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya atas kehadiran dari 3 Kampung Panca Tertib di Kelurahan Cokrodiningratan yaitu KPT Cokrodiningratan, KPT Jetisharjo dan KPT Cokrokusuman.

Lurah Cokrodiningratan juga mengapresiasi komitmen serta kontribusi semua pihak dalam mewujudkan lima tertib yang menjadi dasar kehidupan bermasyarakat di Cokrodiningratan, yaitu Tertib Lingkungan, Tertib Bangunan, Tertib Sosial, Tertib Lalu Lintas, dan Tertib Pedagang Kaki Lima (PKL). Lima tertib ini adalah fondasi yang penting bagi kita untuk menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, dan teratur bagi seluruh warga.

Kemudian Bapak Thamrin dari Bidang Pembinaan dan Pengembangan Kapasitas SDM Satpol PP Kota Yogyakarta menyampaikan bahwa aturan terbaru yang mengatur tentang Ketertiban Umum sudah disahkan oleh DPRD Kota Yogyakarta melalui Peraturan Daerah Nomor 7 Tahun 2024 tentang Penyelenggaraan Ketentraman dan Ketertiban Umum serta Pelindungan Masyarakat.

Satpol PP Kota Yogyakarta sendiri sudah menerbitkan Buku Resume Produk Hukum Daerah Bersanksi Pidana Tahun 2024 yang disusun sebagai panduan bagi Anggota Satuan Polisi Pamong Praja dan Kampung Panca Tertib dalam menjalankan tugasnya. Penyerahan Buku Resume Produk Hukum Daerah Bersanksi Pidana Tahun 2024 langsung diberikan kepada perwakilan Satpol PP kepada masing-masing Ketua Kampung Panca Tertib yang disaksikan oleh Lurah Cokrodiningratan.