Pelatihan Budidaya Sayuran Kelurahan Cokrodiningratan Tahun 2024

Cokrodiningratan - Pada hari Kamis, 10 Oktober 2024, bertempat di Pendopo Kantor Kelurahan Cokrodiningratan, Kelurahan Cokrodiningratan bekerjasama dengan Gapoktan Kelurahan Cokrodiningratan mengadakan Pelatihan Budidaya Sayuran Tahun 2024.

Kegiatan Pelatihan ini menghadirkan 6 Gapoktan se Kelurahan Cokrodiningratan: yaitu RW 03, RW 04, RW 07, RW 08, RW 10 dan RW 11 serta Perwakilan dari Pokja III PKK Kelurahan Cokrodiningratan. Sebagai narasumber dari Kegiatan Pelatihan yaitu Bp. Eka Yulianta dari Asosiasi Tabulampot Yogyakarta serta Sumaeni sebagai seorang praktisi pertanian. Kegiatan Pelatihan ini juga turut dihadiri oleh PPL Kemantren Jetis yaitu Bp. William Martin.

Lurah Cokrodiningratan, Andityo Bagus Baskoro, S.T., M. Eng, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pelatihan Budidaya Sayuran ini sangat penting, terutama di tengah kondisi dunia yang semakin memperhatikan isu keberlanjutan dan kemandirian pangan. Di Kelurahan Cokrodiningratan, kita memiliki potensi yang besar dalam bidang pertanian perkotaan, khususnya budidaya sayuran. Dengan adanya pelatihan ini, saya berharap seluruh peserta dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka, sehingga dapat memaksimalkan potensi tersebut.

 

Sementara itu Eka Yulianta dalam paparannya menyampaikan bahwa Metode Budidaya Sayuran dengan inovasi terbaru adalah Metode Hidroponik Statis Hemat Air.

Penggunaan metode Hidroponik Statis Hemat Air dalam budidaya sayuran ini, maka Bapak/Ibu petani perkotaan tidak perlu repot-repot lagi untuk melakukan penyiraman air setiap hari karena adanya sistem hidroponik yang memanfaatkan metode kapilaritas, yaitu peristiwa naik atau turunnya permukaan cairan melalui lubang kapiler atau pori-pori kecil memanfaatkan kain yang direndam.

Sementara itu Sumaeni dalam paparannya menyampaikan bahwa Langkah-langkah Budidaya Tanaman Sayuran dalam Pot/Polybag adalah sebagai berikut:

  1. Pembuatan Media Tanam
  2. Pemilihan Benih (Biji) Bibit Hidup dan Siap Tanam
  3. Penanaman
  4. Perawatan
  5. Pemupukan/Pemberian Nutrisi
  6. Pemanenan/Pemetikan Sayur/Buah

Setelah kegiatan Pelatihan Budidaya Tanaman selesai maka dilaksanakan penyerahan bahan percontohan pelatihan kepada perwakilan peserta pelatihan.