Sekolah Sungai Code KASANINGRAT Terima Visitasi Belmawa, HMPS PBio UAD Bersiap Rebut Nominasi Abdidaya 2024

Cokrodiningratan - Pada hari Jumat, 11 Oktober 2024, bertempat di Sekolah Sungai Code KASANINGRAT, yang memanfaatkan Musholla Cokrokusuman RW 09 Cokrodiningratan sebagai tempat aktivitas pembelajarannya.

Lurah Cokrodiningratan, Andityo Bagus Baskoro, ST., M.Eng., Kepala Sekolah Sungai, Totok Pratopo sekaligus Ketua Pemerti Code, Perwakilan Perguruan Tinggi Universitas Ahmad Dahlan, Dosen Pembimbing Program Peningkatan Kapasitas (PPK) Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi (HMPS PBio) Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Dra. Zuchrotus Salamah, M.Si., beserta Tim PPK Ormawa HMPS PBio UAD dan segenap masyarakat bantaran Sungai Code Kampung Jetisharjo dan Kampung Cokrokusuman peserta Sekolah Sungai Code KASANINGRAT menerima kunjungan Tim Asesor Visitasi Lapangan PPK Ormawa Direktorat Pembelajaran Mahasiswa (Belmawa) Kementerian Pendidikan, Riset dan Teknologi.

Lurah Cokrodiningratan, Andityo Bagus Baskoro, ST., M. Eng., dalam sambutannya merasa sangat bangga dan bersyukur atas kesempatan yang diberikan kepada Kelurahan Cokrodiningratan, khususnya Sekolah Sungai Code KASANINGRAT, dalam menerima kunjungan dari Tim Asesor Kementerian. Sekolah Sungai Cokrodiningratan adalah salah satu program unggulan masyarakat, yang diinisiasi oleh Bp. Totok Pratopo bersama-sama dengan tokoh masyarakat lainnya. Keberadaan perguruan tinggi Universitas Ahmad Dahlan beserta Organisasi Kemahasiswaan HMPS PBio UAD dalam rangka menyempurnakan kurikulum dari Sekolah Sungai yang lahir dari semangat gotong-royong dalam menjaga lingkungan serta dalam rangka meningkatkan literasi masyarakat, dan memberdayakan warga, khususnya di sepanjang Lembah Sungai Code.

Kerja sama antara akademisi, pemerintah, dan masyarakat dalam Program Penguatan Kapasitas Ormawa ini adalah sebuah contoh nyata kolaborasi dalam membangun Indonesia dari akar rumput. Sekolah Sungai bukan sekadar tempat belajar, namun juga wadah bagi generasi muda untuk memahami arti penting pelestarian lingkungan dan pemberdayaan komunitas. Kami berharap kerjasama antara Pemerintah Kelurahan dengan PPK Ormawa HMPS PBio serta segenap komponen masyarakat di Kelurahan Cokrodiningratan bisa terus dilanjutkan agar Pemberdayaan Masyarakat Lembah Code di Kelurahan Cokrodiningratan melalui Sekolah Sungai Code KASANINGRAT berbasiskan kurikulum ENDLY (ENviromental frienDLY Smart Education ini bisa memberi manfaat bagi warga di Cokrodiningratan, sekaligus mewujudkan sebagai Kampung Urban Ramah Lingkungan serta menjadi inspirasi bagi daerah-daerah lain di Indonesia.

Koordinator Tim Asesor Visitasi Lapangan PPK Ormawa Kementerian Pendidikan, Riset dan Teknologi, Ibu Ir. Mintarti, M.Si., dalam sambutannya menyampaikan bahwa Tim Asesor hadir dalam rangka menilai program-program yang telah diimplementasikan oleh Tim PPK Ormawa HMPS PBio UAD. Program-program dari PPK Ormawa HMPS PBio UAD ini diharapkan mampu memberikan dampak positif terhadap Kelurahan Cokrodiningratan serta masyarakat Kelurahan Cokrodiningratan. Selain itu keberadaan mahasiswa yang tergabung dalam Tim PPK Ormawa HMPS PBio UAD harapannya dapat meningkatkan kapasitas soft skill dari para mahasiswa tersebut.

Setelah itu, Tim Asesor yang dipimpin oleh Ibu Ir. Mintarti, M.Si., melaksanakan wawancara kepada Lurah Cokrodiningratan, Kepala Sekolah Sungai, serta beberapa Tokoh Masyarakat di sekitar Lembah Sungai Code untuk mengetahui sejauh mana peran dari Mahasiswa yang tergabung dalam Tim PPK Ormawa memberikan dampak kepada masyarakat khususnya melalui Sekolah Sungai Code KASANINGRAT.

Setelah wawancara selesai dilaksanakan, kemudian rombongan Tim Asesor melaksanakan kunjungan ke Wisata Code, disana dijelaskan terkait Pengelolaan Air Bersih Tirta Kencana, kunjungan ke Kebon Code serta Taman Robin dan Pasar Minggon. Terakhir rombongan berfoto di Jembatan Kali Code yang sangat ikonik.