FBS Cokrodiningratan Terima Pendampingan Aplikasi Manajemen Bank Sampah dari UNY

Cokrodiningratan - Pada hari Jumat, 11 Oktober 2024, bertempat di Aula Kantor Kelurahan Cokrodiningratan, Forum Bank Sampah Cokrodiningratan bekerjasama dengan Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Berbasis Riset Fakultas Ilmu Sosial, Hukum, dan Ilmu Politik (FISHIPOL) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) telah melakukan “Sosialisasi dan Pendampingan Penerapan Prototipe Aplikasi Manajemen Bank Sampah di Kelurahan Cokrodiningratan, Kemantren Jetis, Kota Yogyajarta. Kegiatan ini ditujukan kepada Bank Sampah se-Kelurahan Cokrodiningratan yang tergabung di dalam FBS Cokrodiningratan.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pendampingan kepada pengelola bank sampah untuk melakukan digitalisasi administrasi bank sampah yang sebelumnya dilakukan secara manual dalam buku besar administrasi bank sampah. Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan pengelola dari 15 Bank Sampah yang tergabung di Forum Bank Sampah Kelurahan Cokrodiningratan dengan jumlah peserta Sosialisasi adalah 35 orang.

Kegiatan ini dihadiri oleh Lurah Cokrodiningratan, Andityo Bagus Baskoro, ST., M.Eng., Ketua Forum Bank Sampah Cokrodiningratan, Tri Yulianto, serta Koordinator Tim Pengabdian Masyarakat dari Universitas Negeri Yogyakarta, Kurnia Nur Fitriana, S.I.P., MPA. Lurah Cokrodiningratan dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan dukungan kesiapan kolaborasi dalam memberikan penguatan kapasitas bagi pengelola bank sampah se-Kelurahan Cokrodiningratan. Dalam sambutannya, Andityo menyampaikan terima kasih atas kehadiran Tim PkM FISHIPOL UNY yang telah memberikan inovasi tepat guna bagi pengelola bank sampah sebagai katalisator dalam digitalisasi administrasi bank sampah sehingga mampu mendukung terwujudnya manajemen sampah berkelanjutan di Kota Yogyakarta melalui Aplikasi Bank Sampahku Versi 2.0.

Sementara itu Ketua Tim PkM FISHIPOL UNY, Kurnia Nur Fitriana, S.I.P., MPA., menyatakan bahwa besar harapannya agar pengelolaan bank sampah dapat berkembang secara berkelanjutan melalui adopsi inovasi dan digitalisasi pengelolaan bank sampah dengan pemanfaatan Aplikasi Bank Sampahku 2.0. Lebih lanjut juga disampaikan bahwa Aplikasi Bank Sampahku 2.0 ini memiliki keunggulan berupa adopsi teknologi tepat guna, menggunakan sustainable material, ekonomis, mudah dioperasionalkan, dan memberikan learning experience yang berkelanjutan bagi pengguna. Setelah sambutan, dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai “Manajemen Sampah Berkelanjutan di Kota Yogyakarta” yang disampaikan oleh Dr. Awanis Akalili, S.I.P., M.A. Sosialisasi ini diharapkan mampu meningkatkan pemahaman bagaimana kondisi manajemen sampah di Yogyakarta yang perlu dilakukan peningkatan melalui digitalisasi administrasi manajemen bank sampah.