Bank Sampah Inovatif Bawono Langgeng RW 11 Gondolayu Lor Cokrodiningratan Terima Kunjungan Tim Verifikasi Lapangan Bank Sampah Kota Yogyakarta

Cokrodiningratan - Pada hari Selasa, 15 Oktober 2024 bertempat di Lapangan Babrik dekat dengan Lapak Bank Sampah Bawono Langgeng RW 11 Gondolayu Lor Kampung Cokrokusuman Kelurahan Cokrodiningratan Kemantren Jetis Kota Yogyakarta. Acara ini dihadiri oleh Koordinator Tim Verifikasi Lapangan Lomba Bank Sampah Kategori Inovatif, Bp. Very Tri Jatmiko, Kepala Jawatan Kemakmuran Kemantren Jetis Kota Yogyakarta,  Ibu Luluk Muryani, S.IP., Sekretaris Lurah Cokrodiningratan, Ibu Mukidah Suharini, SE., Staf Kemantren Jetis serta Ketua RW 11 Gondolayu Lor, Ketua FBS Cokrodiningratan, Faskel Kelurahan Cokrodiningratan serta Ketua Bank Sampah RW 11 dan jajaran pengurus serta nasabah Bank Sampah Bawono Langgeng.

Rombongan Tim Verifikasi Lapangan Lomba Bank Sampah Kategori Inovatif ini diketuai oleh Bp. Very Tri Jatmiko, S.Si., M.M., Kepala Bidang Perencanaan dan Pengendalian Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta.

Selasa, 15 Oktober 2024 telah dilaksanakan Verifikasi Lapangan Lomba Bank Sampah Inovatif Bawono Langgeng RW 11 Kelurahan Cokrodiningratan. Dihadiri oleh Tim Juri dari Dinas LIngkungan Hidup, Kepala Jawatan Kemakmuran Kemantren Jetis Ibu Luluk Muryani, S.I.P., Sekretaris Kelurahan Cokrodiningratan Mukidah Suharini, S.E., staf Kemantren Jetis, Ketua Bank Sampah Bawono Langgeng, Ketua RW 11, FBS Kelurahan Cokrodiningratan , Faskel Kelurahan Cokrodiningratan  dan pengurus serta anggota Bank Sampah Bawono Langgeng.

Dalam sambutannya Ibu Sekretaris Kelurahan Cokrodiningratan, Mukidah Suharini, SE.,  menyampaikan ucapan permohonan maaf atas ketidakhadiran Lurah Cokrodiningratan yang sedang menjalankan Surat Tugas ke Luar Jawa. Ucapan selamat datang juga disampaikan kepada Tim Verifikasi Lapangan Lomba Bank Sampah Kategori Inovatif serta ucapan terimakasih kepada tim Verifikasi Lapangan dari Dinas Lingkungan Hidup yang telah memfasilitasi, semoga ke depannya ada lomba bank sampah karena ini adalah apresiasi Pemerintah Kota terhadap masyarakat untuk menanggulanggi sampah perkotaan.

Evaluasi dari tim juri adalah juri mengucapkan terimakasih atas sambutan yang baik dan sudah diajak jalan-jalan ke wilayah RW 11, sudah di ceritakan bagaimana pengolahan sampah di bank sampah Bawono Langgeng, baik dan bagus karena berbagai metode sudah dilaksanakan.

Tambahan dari juri yaitu :

  1. Dengan inovasi pengolahan sampah organik yang bersinergi dengan kelompok tani/budidaya lele sehingga bisa meningkatkan pendapatan anggotanya.
  2. Lahan yg kosong, dapat dimanfaatkan sebagai penghijauan, mendukung Program M3K (Mundur, Munggah dan Madep Kali) yang sedang dilaksanakan di wilayah RW 11 Gondolayu Lor.
  3. Pengolahan sampah organik secara komunal kedepannya agar bisa di tingkatkan lagi.

Untuk keseluruhan sudah cukup baik, bagus kompak sertasemangat dari regular naik menjadi inovatif, apapun hasilnya tetap kompak.