Perpustakaan COKRO JUARA Kantor Kelurahan Cokrodiningratan Praktekkan Kreasi Jumputan Hasil Terapan Literasi dari DPK Kota Yogyakarta

Cokrodiningratan - Pada hari Jumat, 18 Oktober 2024 bertempat di Pendopo Kantor Kelurahan Cokrodiningratan Kemantren Jetis Kota Yogyakarta, Perpustakaan Kantor Kelurahan Cokrodiningratan "COKRO JUARA" bekerja sama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta mengadakan kegiatan Literasi Terapan dengan tema "Kreasi Kain Jumputan" kepada masyarakat di Kampung Baca Cokrokusuman, Sentra Jumputan Kampung Cokrodiningratan serta Kampung Jetisharjo dengan mengundang instruktur Bp. Heru Pontjo selaku Pengrajin Batik Sekarmita.

Lurah Cokrodiningratan Andityo Bagus Baskoro, ST., M.Eng., mengucapkan terima kasih kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta atas inisiatif serta dukungannya dalam menghadirkan program yang inspiratif ini. Literasi bukan hanya soal membaca dan menulis, tetapi juga bagaimana kita mempraktikkan pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari. Hari ini, kita bersama-sama belajar seni dan keterampilan jumputan, sebuah tradisi batik dengan teknik ikat celup yang sarat nilai budaya dan kreativitas.

Melalui kegiatan Literasi Terapan ini, saya berharap warga Cokrodiningratan bisa menggali potensi seni dan keterampilan tangan mereka, serta mengenal lebih dalam kearifan lokal yang melekat pada kain jumputan. Keterampilan ini tidak hanya memiliki nilai budaya, tetapi juga dapat menjadi peluang ekonomi kreatif. Saya optimis bahwa kreasi-kreasi dari warga dapat menjadi produk unggulan dan memiliki daya tarik di pasar lokal maupun nasional.

Saya berharap ilmu dan keterampilan yang diperoleh hari ini tidak hanya berhenti di sini, tetapi dapat terus dikembangkan. Agar Sentra Jumputan yang telah melekat di Kampung Cokrodiningratan ini bisa kita terus pertahankankan serta warga bisa menghasilkan karya-karya kreatif yang bisa memperkaya potensi ekonomi dan budaya di Kelurahan Cokrodiningratan.

Setelah kegiatan selesai, maka dilanjutkan dengan sesi foto bersama dengan produk yang dihasilkan.